Skip to content
Mei 28, 2012 / hidupituindahkawan

Energi Baru Atas Nama Perubahan Pemuda (Muda Mulia)

emosional & rasionalSaya seringkali menginginkan perubahan dalam diri, saya yakin anda juga begitu. Saya memiliki serangkaian target yang harus saya capai, sayangnya perubahan yang saya inginkan tidak semudah membalikan telapak tangan. Sadar atau tidak sadar untuk melakukan perubahan dalam diri saya, selalu ada dua pemikiran yang saling bertentangan antara pemikiran rasional dan pemikiran emosional, misalkan sisi rasional saya ingin sedekah setiap hari namun disisi emosional saya alih-alih melakukannya, saya malah menginginkan kemeja, nonton film, jajan makanan dll.

Chip dan Dan Heath dalam bukunya yang berjudul “SWITCH” mengibaratkan pemikiran emosional adalah “GAJAH” dan pemikiran rasional ialah “sang pawang”. dengan duduk diatas punggung GAJAH, sang Pawang memegang kendali dan menjadi semacam pemimpin. akan tetapi, pengendalian oleh sang Pawang tidak dapat dipastikan mengingat ia begitu kecil dibandingkan sang GAJAH. kapanpun GAJAH yang memiliki berat enam Ton tidak sepakat dengan sang Pawang soal arah yang hendak dituju, sang Pawang terpaksa kalah.

Kelemahan sang GAJAH (pemikiran emosional) jelas sekali, ia malas dan sulit diatur, sering lebih memilih imbalan langsung (kemeja) daripada imbalan jangka panjang (sedekah,menjadikan harta yang berkah dan berlimpah). Kebanyakan kita terbiasa sekali dengan situasi-situasi ketika GAJAH menjajah sang Pawang (malas bangun pada pagi hari karena masih mengantuk, menolak angkat bicara didalam sebuah forum karena malu, tidak percaya diri atau takut) SETUJU ?. Gajah yang tak termotivasi dapat memorakporandakan upaya perubahan, namun sang Pawang juga memiliki masalah tersendiri, ia terlalu banyak berpikir, biasa berpikir panjang menganalisis berbagai hal dan berbagai kemungkinan tanpa tahu pasti arah yang harus dituju karena sang Pawang seringkali tidak mampu memaksakan kehendak dalam waktu yang terlalu lama SETUJU ?

Lantas yang menjadi pertanyaan besarnya ialah :

Bagaimana cara mengarahkan sang Pawang agar sang Pawang memperoleh arah yang SEJELAS-JELASNYA ?

Bagaimana cara memotivasi sang GAJAH agar membuat GAJAH-GAJAH saya dan Anda termotivasi, berada dalam jalur yang benar dan mau bekerja sama denagn sang Pawang ?

Siapa yang mampu dan memiliki kemampuan untuk MENGARAHKAN dan MEMOTIVASI agar saya bisa berubah menjadi pribadi yang lebih baik dari hari ini ?

Pertanyaan itulah yang ada dibenak kepala saya, saya rasa Andapun sependapat dengan saya. Perubahan terasa begitu gampang untuk dipikirkan namun terasa sulit untuk dilakukan. Pertanyaan tersebut sangat penting untuk segera ditemukan jawabannya, mengapa ? JIKA saya tidak berusaha mendapatkan jawaban atas pertanyaan tersebut maka perubahan yang saya harapkan kecil kemungkinan akan terjadi bahkan mungkin tidak akan pernah terjadi. Perkembangan usaha yang saya harapkan tidak akan pernah berkembang, jati diri saya yang sebenarnya tidak akan pernah terungkap, masa tua saya akan dipenuhi penyesalan yang hampa, lebih parah lagi mungkin saya hanya menjadi seonggok orang biasa,  standard, gitu-gitu aja, ga muncul tapi tenggelam, orang yang serakah bukan berkah, punya harta ngakunya punya agama, paling parah lagi GA PUNYA HARTA GA PUNYA AGAMA.(padahal paling enak kan kalo PUNYA HARTA PUNYA AGAMA JUGA 😀 )

Tapi SIAPA ? SIAPA YANG PUNYA KEMAMPUAN LUAR BIASA UNTUK DAPAT MENGARAHKAN DAN MEMOTIVASI SAYA, ANDA, KITA SEMUA ?

“Ditangan yang tepat, anda akan menjadi orang yang tepat pula”

Ungkapan itulah rasanya yang paling tepat untuk menjadi jawaban.

Saya dan Anda butuh nilai lebih dari sekedar bacaan yang membangkitkan nurani SETUJU ?

Saya dan Anda butuh nilai lebih dari sekedar nasehat yang memberikan inspirasi SETUJU ?

Saya dan Anda butuh, perlu, mengaktifkan seluruh potensi jiwa muda yang ada dalam diri kita, dimana TIDAK ada lagi kata malas, takut, malu. SETUJU ?

Disinilah Energi baru untuk pengembangan potensi diri kita  !

***********************************************************************

Master Mind

Sepenggal Kata Motivasi

Tinggalkan Balasan

